KEAJAIBAN AL QUR’AN

KEAJAIBAN AL QUR’AN Ciri khas Al Qur’an, yang diwahyukan 14 abad yang lalu, dan hikmah Maha-Agung yang dikandungnya, merupakan bukti mutlak bahwa Kitab Suci ini merupakan Kalam Allah. Selain itu, Al Qur’an memiliki banyak mukjizat yang membuktikannya sebagai wahyu Allah. Di antaranya adalah sejumlah fakta-fakta ilmiah, yang hanya dapat kita temukan dengan menggunakan teknologi abad ke-20, dinyatakan di dalam Al Qur’an 1400 tahun yang lalu. Fakta-fakta ini, yang tidak mungkin dapat diketahui di masa Al Qur’an diturunkan, sekali lagi memperlihatkan di hadapan manusia zaman sekarang, bahwa Al Qur’an adalah benar-benar perkataan Allah.

Rabu, Juli 29, 2009

17 Motivasi Berinteraksi dengan Al-Qur’an

Ditulis Oleh: KH. ‘Abdul ‘Aziz ‘Abdur Ra’uf, Al-Hafidz Lc

Back Cover
Telah kita ketahui - dari hadits shahih yang bersumber dari Aisyah Ra. - bahwa tabi’at dan akhlaq Rasulullah Saw adalah Al-Qur’an. Beliau adalah The Living Qur’an, Al-Qur’an yang hidup. Sementara itu, para Sahabat, para Tabi’in dan para salafush shalih adalah ahlul Qur’an. Artinya nilai-nilai Al-Qur’an telah diinternalisasi ke dalam diri mereka dengan sangat baiknya. Dan sejarah umat manusia mencatat dengan tinta emas kiprah salafush shalih kita yang berhasil membangun peradaban dan masyarakat madani dengan beberapa ciri: berakhlaq, adil, toleran, intelek, harmonis, aman, dinamis dan sejahtera.
Proses internalisasi Al-Qur’an tidak mungkin dapat terjadi jika umat Islam tidak dekat dengan Al-Qur’an. Kedekatan dengan Al-Qur’an hanya bisa terjadi jika kita memiliki iman yang memadai dan terus menerus berinteraksi dengan Al-Qur’an - dalam segala bentuknya , seperti tilawah, tahfidz, tadabbur dan mengajarkannya - secara intens.
Buku ini memaparkan berbagai tahapan dan motivasi serta beberapa persoalan dalam berinteraksi dengan Al-Qur’an, dengan pendekatan yang pas. Istimewanya, buku ini disusun oleh seorang ustadz yang bukan saja telah hafidz (hapal) Al-Qur’an sejak usia muda tetapi beliau juga terjun langsung ke tengah umat untuk mengawal Al-Qur’an dan mengkader murid-muridnya dengan konsisten.
Daftar Isi
1. Langkah-langkah Membangun Kemampuan Berinteraksi dengan Al-Qur’an
2.Sudahkah Kita Memiliki Iman yang Cukup untuk Berinteraksi dengan Al-Qur’an
3. Belajar dari Mukmin yang Tinggi Semangat Berjihadnya
4. Menjawab dengan Segera Waswas Setan Saat Berinteraksi dengan Al-Qur’an
5. Siap Bekerja Keras dan Berlama-lama Saat Berinteraksi dengan Al-Qur’an
6. Mendambakan Al-Qur’an sebagai Kenikmatan Seperti Kita Mendambakan Harta
7. Melakukan Amal Shaleh Sebanyak-banyaknya
8. Berdo’a Sebanyak-banyaknya
9. Mencari Figur Teladan
10. Meraih Cita-cita dari yang Terdekat
11. Jangan Merasa Takut Tidak Kebagian Rezeki
12. Kokohkan Tekad Jangan Mudah Berubah Pikiran
13. Berlatih dengan Ekstrim
14. Berbahagia Jika Kita Bersama Orang-orang yang Sedikit
15. Jangan Merasa Takut Terhadap Keadaan Masa Depan
16. Jangan Suka Memvonis Diri
17. Merayu Diri Agar Mencintai Al-Qur’an

BinaMuslim:
Resume dari buku ini telah diulas (hampir) setiap hari di binamuslim.com sejak awal Ramadhan 1428H.
Semoga Allah meridhai usaha kita untuk berinteraksi dengan Al-Qur’an.
Nantikan ulasan buku Âl ustadz ‘Abdul ‘Aziz ‘Abdur Ra’uf berikutnya: Membangun Kepribadian Qurani (Tarbiyah Syakhsiyah Quraniyah), terbitan MARKAZ AL QURAN, tahun 2004.
Dimuat ulang oleh : Dakwah Islamiyah tanggal 29 Juli 2009

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

ARSIP BLOG

Entri Populer